Rainbow Cake, PIlihan Tepat Untuk Belajar Cara Membuat Kue Tanpa Oven

View previous topic View next topic Go down

Rainbow Cake, PIlihan Tepat Untuk Belajar Cara Membuat Kue Tanpa Oven

Post by asahotak22 on Tue Dec 12, 2017 2:49 pm



Siapa yang tidak tertarik ketika melihat kue dengan aneka warna yang cerah ceria. Salah satu kue yang sempat booming belakangan ini adalah rainbow cake, atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti kue pelangi. Kue kekinian yang satu ini bisa Anda jadikan bahan latihan cara membuat kue tanpa oven. Seperti namanya, kue ini terdiri dari beberapa warna yang disusun berlapis menyerupai pelangi. Rainbow cake adalah hasil kreasi dari seorang bernama Kaitlin Flannery yang ingin mempersembahkan hadiah perpisahan untuk sahabatnya yang menyukai pelangi. Kaitlin kemudian menuangkan idenya dalam sebuah kue yang kemudian menjadi populer ke seluruh dunia. Kue ini sangat digemari karena rasanya yang manis serta warnanya yang sangat menarik persis seperti warna pelangi. Cara pembuatan rainbow cake ini sebenarnya serupa dengan bolu kukus yang sudah kita bahas sebelumnya.

Untuk belajar cara membuat kue tanpa oven ini terbilang tidak terlalu rumit, tetapi memang Anda harus memisahkan adonan sesuai warna apa saja yang akan Anda buat sehingga terkesan banyak tahapan yang harus dilakukan. Anda perlu bersabar dalam membuat rainbow cake karena Anda harus mengukus adonan masing-masing warna satu persatu agar tidak tercampur satu sama lain. Bahan-bahan yang dipergunakan dalam membuat rainbow cake ini antara lain:

  • 4 butir telur.
  • 150 gram tepung terigu.
  • 150 gram gula pasir.
  • 150 ml minyak goreng.
  • 1 sachet susu bubuk.
  • 1 sachet susu kental manis.
  • 1 sendok makan emulsifier.
  • Sedikit essence vanila.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 1/2 sendok teh baking soda.
  • Pewarna makanan dengan warna sesuai selera.


Adapun tahapan cara membuat kue tanpa oven ini adalah :

  1. Pertama-tama ayak tepung terigu dan campurkan dengan baking soda dan susu bubuk sampai merata.
  2. Buat adonan dari gula, telur, vanila dan garam. Campurkan semua bahan tersebut menggunakan mixer atau secara manual sampai dengan tercampur rata. Kemudian tambahkan emulsifier dan kocok kembali sampai adonan mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur secara perlahan sambil diaduk hingga tercampur. Masukkan susu kental manis sambil mengocok kembali adonan sampai benar-benar merata.
  4. Cara membuat kue tanpa oven selanjutnya, masukkan minyak ke dalam adonan dan aduk adonan secara perlahan.
  5. Adonan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan. Beri pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan.
  6. Setelah semua adonan diberi warna, saatnya mulai proses pengukusan. Sebelumnya siapkan loyang dan olesi dengan minyak, lalu beri alas berupa kertas roti. Pengukusan dilakukan per warna adonan. Masing-masing adonan bisa dikukus dengan loyang berbeda kemudian baru ditumpuk menjadi satu.
  7. Jika Anda hanya memiliki 1 loyang proses pengukusan akan memakan lebih banyak waktu. Anda harus menunggu adonan sebelumnya dingin baru kemudian bisa mengukus adonan selanjutnya.  
  8. Jangan lupa oleskan whipped cream atau butter cream di atas tiap lapisan warna.
  9. Ranbow cake siap dinikmati.


Dalam mempraktekkan cara membuat kue tanpa oven ini Anda bisa melakukan sedikit modifikasi dengan bahan yang digunakan. Contohnya, Anda bisa menambahkan margarin untuk menambah kelezatan rainbow cake buatan Anda. Anda dapat menggunakan Blueband dalam campuran adonan kue supaya hasil kue Anda lebih bearoma, lembut dan gurih. Margarin dengan kualitas yang baik akan menghasilkan kue dengan rasa yang lebih lezat.

asahotak22

Posts : 6
Join date : 2014-07-23
Age : 27

View user profile http://teralisrumah.com/railing-tangga-murah-minimalis/

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum